Tuliskan Pengertian Alquran Menurut Bahasa dan Istilah

I. Pendahuluan

Santrinesia.com – Halo Sahabat Santri Nesia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian Alquran menurut bahasa dan istilah. Alquran adalah kitab suci umat Islam yang dianggap sebagai wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Kitab suci ini dianggap sebagai pedoman hidup umat Muslim dalam menjalankan ibadah dan mengatur kehidupan sehari-hari.

Alquran sendiri berasal dari kata Arab “qara’a” yang berarti membaca atau membacakan. Dalam terminologi Islam, Alquran juga memiliki pengertian lain yaitu “al-kitab” atau “al-kitab al-majid” yang berarti kitab yang mulia. Alquran juga sering disebut dengan sebutan “kalam Allah” atau “kitab suci”.

Read More

Dalam Artikel ini, kita akan membahas secara rinci pengertian Alquran menurut bahasa Arab dan istilah terkait Alquran yang digunakan dalam kehidupan umat Muslim.

II. Pengertian Alquran dalam Bahasa Arab

Alquran atau al-Qur’an (القرآن‎) adalah kitab suci agama Islam yang diturunkan oleh Allah melalui perantaraan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Alquran ditulis dalam bahasa Arab dan dianggap sebagai mukjizat terbesar dalam agama Islam. Alquran berbentuk tulisan-tulisan ayat-ayat yang tersusun dalam 114 surah (bab) yang terdiri dari total 6.236 ayat.

Pengertian Alquran dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

No. Kata/kalimat Arti
1. القرآن Alquran
2. الكتاب Al-Kitab
3. الكتاب المجيد Al-Kitab Al-Majid
4. كتاب الله Kitab Allah
5. الوحي Al-Wahy
6. الكلام الله Kalam Allah

Alquran juga memiliki beberapa istilah khusus yang digunakan dalam kehidupan umat Muslim. Istilah-istilah tersebut akan kita bahas pada bagian selanjutnya.

III. Istilah Terkait Alquran

1. Ayat

Ayat dalam Alquran merupakan satuan terkecil dalam penulisan Alquran. Setiap ayat umumnya terdiri dari beberapa kata yang membentuk satu pikiran atau sebuah keterangan.

Selain sebagai satuan penulisan, ayat juga digunakan dalam pengertian makna atau kandungan suatu perintah atau larangan yang terdapat dalam Alquran.

2. Surah

Surah atau disebut juga dengan “sura” adalah sebutan untuk bab dalam Alquran. Total terdapat 114 surah yang terdistribusi dalam Alquran. Setiap surah memiliki jumlah ayat yang berbeda-beda.

3. Juz

Juz adalah pembagian Alquran yang terdiri dari 30 bagian yang memudahkan umat Muslim dalam membaca Alquran selama satu bulan. Juz dibagi secara acak dan sebagian besar digunakan dalam kegiatan tilawah Alquran.

4. Hafiz

Hafiz adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki kemampuan menghafal dan memelihara Alquran dengan baik. Hafiz juga dapat digunakan untuk menggambarkan kemampuan seseorang dalam menghafal Alquran dengan baik tanpa melupakan satu huruf pun.

5. Tafsir

Tafsir adalah pengertian atau penjelasan atas makna dan maksud dari ayat-ayat Alquran. Tafsir dilakukan oleh para ulama dan memiliki tujuan untuk memahami dengan lebih baik ajaran yang terkandung dalam Alquran.

6. Tilawah

Tilawah adalah kegiatan membaca Alquran dengan tartil dan tajwid yang baik. Tilawah biasanya dilakukan dalam kegiatan ibadah seperti sholat atau recitation.

7. Mushaf

Mushaf adalah sebutan untuk Alquran yang disusun dalam bentuk kitab yang berisi teks Alquran secara keseluruhan. Mushaf umumnya terdiri dari lembaran-lembaran kertas yang dijilid menjadi satu.

IV. Kesimpulan

Dalam kesimpulan, dapat disimpulkan bahwa Alquran merupakan kitab suci agama Islam yang diturunkan oleh Allah melalui perantaraan Malaikat Jibril. Alquran ditulis dalam bahasa Arab dan memiliki banyak istilah terkait yang digunakan dalam kehidupan umat Muslim. Pengertian Alquran menurut bahasa Arab adalah Alquran, Al-Kitab, Al-Kitab Al-Majid, Kitab Allah, Al-Wahy, dan Kalam Allah.

Istilah-istilah terkait Alquran yang penting untuk diketahui adalah Ayat, Surah, Juz, Hafiz, Tafsir, Tilawah, dan Mushaf. Semua istilah tersebut memiliki peran penting dalam memahami dan menjalankan ajaran Islam yang terkandung dalam Alquran.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Alquran menurut bahasa dan istilah. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman kita tentang kitab suci Alquran. Teruslah belajar dan mendalami ilmu agama agar kita dapat menjalankan agama dengan lebih baik sesuai dengan tuntunan Alquran. Wassalamu’alaikum wr. wb.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *