Ayat al Qurān yang berisi perintah berkurban adalah?

Pendidikan Santri Nesia

Ayat al Qurān yang berisi perintah berkurban adalah?

  1. Q.S. al-Kautsar/108:1-3
  2. Q.S. an-Nashr/110:1-3
  3. Q.S. al-Kāfirun/109:1-3
  4. Q.S. al-Lahab/111:1-3
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Q.S. al-Kautsar/108:1-3

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Ayat al Qurān yang berisi perintah berkurban adalah q.s. al-kautsar/108:1-3.

Halo Sahabat Santri Nesia! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang ayat al-Qur’an yang berisi perintah berkurban. Berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Setiap tahunnya, umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah kurban sebagai bentuk pengabdian dan rasa syukur kepada Allah SWT.

Ibadah kurban dilakukan dalam bulan Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Hijriyah. Berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an, kita dapat menemukan perintah berkurban yang menjadi tuntunan bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah ini. Mari kita telaah bersama beberapa ayat al-Qur’an yang berisi perintah berkurban.

Ayat al-Qur’an yang Berisi Perintah Berkurban

1. Surah Al-Hajj Ayat 34

Surah Al-Hajj ayat 34 berbunyi: “Dan untuk tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan, supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan-Nya kepada mereka, maka Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa, karena itu hendaklah kamu tunduk patuh kepadanya. Maka sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh.” Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT telah menetapkan penyembelihan hewan sebagai ibadah yang harus dilakukan oleh setiap umat.

2. Surah Al-Baqarah Ayat 196

Surah Al-Baqarah ayat 196 berbunyi: “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ‘umrah karena Allah. Jika kamu tertahan (karena musuh), maka (sembelihlah) binatang hadyu yang mudah didapat. Dan jangan mencukur rambutmu sebelum binatang hadyu itu sampai tempat penyembelihannya. Barangsiapa di antara kamu sakit atau ada yang mengalami kesulitan dalam menjalankan ibadah haji, maka boleh bertaqwa dengan memotong rambutnya, atau berkorban. Kemudian apabila kamu aman dari ancaman musuh, maka siapa yang bertamattu’ maka hendaklah dia menyembelih hadyu yang mudah didapat, barang siapa yang tidak mendapatkan (hadyu) maka hendaklah dia berpuasa tiga hari selama di Makkah, dan tujuh hari kalau kembali (ke rumah), yaitu sepuluh hari itu adalah sempurna; yang demikian itu untuk orang-orang yang tidak bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah, bahwa Allah sangat berat siksaan-Nya.”

3. Surah Al-Kauthar Ayat 1-2

Surah Al-Kauthar ayat 1-2 berbunyi: “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (dengan ikhlas) karena-Nya.”

4. Surah Al-An’am Ayat 162

Surah Al-An’am ayat 162 berbunyi: “Katakanlah: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam,”

5. Surah Al-Hajj Ayat 28

Surah Al-Hajj ayat 28 berbunyi: “Supaya mereka dapat mencicipi manfaat dari dapat melaksanakan tugas-tugas yang ditentukan untuk mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah dalam beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan-Nya kepada mereka dari binatang-binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripada itu dan berikan sebahagian yang lain kepada orang-orang yang miskin dan fakir.”

6. Surah Al-Quraisy Ayat 1-4

Surah Al-Quraisy ayat 1-4 berbunyi: “Dengan nama Allah, Tuhan (Muhammad/Islam), Tuhan (kaum Quraisy), Yang telah memelihara mereka (dalam perjalanan) pusingan musim sejengkal dan musim sepanjang perjalanannya ke kawasan-kawasan mereka sekalian), maka hendaklah mereka sembah Tuhan (kaum Quraisy) ini oleh karenatatan-tauhidan-bahkan lagi sembahlah Tuhan semesta alam, Yang telah memelihara dan menyediakan mereka dengan makanan sepanjang hidup mereka (tanpa mereka merasa serba kekurangan sehingga menjadikan Allah sebagai penyayang dan penyedia intan yang utuh), dan akan melindungi mereka terhadap apa-apa permusuhan atau kebencian (musuh-musuh mereka yang ingin merusak/membunuh mereka di musim panas dan musim sejuk setahun-untuk> segenap suku Quraisy), Maka hendaklah mereka bersembahyang kepada sekutu-sekutu rumah kembali (bikinannya di Tuhan Quraisy), agar Dapatkan rezeki di musim panas dan musim sejuk/musim berkat Allah (yang memelihara rosak). Maka hendaklah mereka menyembah pemilik ka’bah (Allah) yang membekali mereka dengan makanan yang halal (yang disumbangkan oleh musuh-musuh mereka yang hidup tengah-tengah mereka, kami datang ke tengah-tengah mereka (di kota Mekah). Maka hendaklah mereka bersembahyang di Kabah (menuju ka’bah Mekah pada musim saya keluarga diketahui kami ada pada bulan-bulan tertentu musim kering), Pada saudara-saudara (hidup) di wilyah dzaat mereka sendiri,

7. Surah Al-Hajj Ayat 36-37

Surah Al-Hajj ayat 36-37 berbunyi: ” Dan binatang ternak adalah satu dari tanda-tanda kebesaran Allah, Maka makanlah sebahagian daripadanya dan berikanlah sebahagian yang lain kepada orang yang memohon, meminta bantuan. Kemudian setelah mereka memenuhi nadzar-nadzar mereka, maka hendaklah mereka membawakannya ke Baitullah sebagai peraturan ajaran (religion), maka maka makanlah sebahagian daripadanya, balurkanlah sebahagian dengan kain dannyenda.bup pada dosa rambutmu, ada juga rambut yang di gunduli lalu turun ke-atas dan ada juga rambut yang di lontar.”,

Kesimpulan

Dalam al-Qur’an, terdapat beberapa ayat yang berisi perintah berkurban sebagai ibadah yang dianjurkan. Ayat-ayat tersebut menekankan pentingnya berkurban sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT. Dengan melakukan ibadah kurban, kita dapat meningkatkan kesalehan dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Selain menjalankan perintah berkurban, kita juga harus menghayati makna di baliknya. Berkurban bukan hanya tentang menyembelih hewan, tetapi juga tentang mengorbankan yang terbaik untuk Allah SWT dan berbagi rezeki dengan sesama. Semoga dengan menjalankan ibadah kurban, kita dapat memperoleh berkah dan rahmat-Mu.

Kata Penutup

Demikianlah artikel tentang “Ayat al-Qur’ān yang Berisi Perintah Berkurban adalah”. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pemahaman kita dalam menjalankan ibadah kurban. Mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita dan selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang tunduk patuh dan mendapatkan keridhaan-Nya. Amin. Terima kasih telah membaca!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *