Contoh Soal Ke Nu an Kelas XII Lengkap Kunci Jawaban

1.     
Kata pondok berasal dari bahasa arab funduq yang berarti ruang
tidur, wisma, hotel sederhana. Sedangkan pesantren berasal dari kata santri
dengan awalan ‘pe’ dan akhiran ’an’ yang berarti
….

A.              Tempat shalat santri                                        D. Tempat bertapa santri

B.       Tempat
tinggal santri                                              E.
Tempat
mengabdi santri

C.      Tempat
ibadah santri

2.     
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan
Islam pertama kali didirikan oleh

A.   
          Syekh Maulana Malik Ibrahim                                    D. Mahdum Ibrahim

B.    
 Sunan Ampel                                                                       E. Syekh Jumadil Kubra

C.    
Syarif Hidayatullah

3.     
 

1.      M. Sofyan

4.     
A. Ghoni Farida, M.Uda

2.     
Mustahal Ahmad Masyhud

5.     
Hasyim Muzani

3.     
Tholhah Mansur

6.     
Mahbub Junaedi

Dari table diatas yang menunjukan ketua
umum
pertama IPNU adalah….

A.   
 1                                           D. 4

B.    
 2                                           E. 5

C.    
 3

4.     
Perhatikan
pernyataan di bawah ini!

No

Pernyataan

1

Menempatkan ajaran agama Islam
sebagai sumber motivasi dan inspirasi dalam memberikan makna dan arah
perjuangan manusia

2

Nilai yang dijiwai oleh persatuan
dan kesatuan memilki kepedulian terhadap nasib bangsa dan negara berlandaskan
prinsip persamaan dan demokrasi

3

Menempatkan ilmu pengetahuan sebagai
alat untuk mengembangkan kecerdasan anggota dan kader

4

Menempatkan organisasi dan anggota
pada pemantapan diri sebagai pusat pemberdayaan sumber daya manusia terdidik
yang berilmu, berkeahlian, dan visioner

5

Menempatkan organisasi sebagai wadah
untuk membina anggota agar menjadi kader-kader yang memiliki komitmen
terhadap idiologi, cita-cita perjuangan organisasi

Wawasan
keterpelajaran ditunjukkan oleh nomor ….

A.   
1                                                                    D. 4

B.    
2                                                                    E. 5

C.    
3

5.     
Waktu
membaca do’a qunut pada salat subuh adalah ….

A.   
pada
rakaat kedua setelah bacaan i’tidal, sebelum sujud

B.    
pada
rakaat kedua sebelum bacaan i’tidal, sebelum sujud

C.    
pada
rakaat kedua setelah bacaan i’tidal dan setelah sujud

D.   
pada
rakaat kedua sebelum bacaan i’tidal dan sebelum sujud

E.    
pada
rakaat kedua setelah bacaan fatihah dan sebelum sujud

6.     
Menurut
Imam Syafi’i,
hukum membaca do’a
qunut pada salat subuh
adalah .

A.   
wajib                                                 D.
Sunnah ghoiru muakad

B.    
sunnah muakkad                               E. haram

C.    
bid’ah

7.     
Apabila lupa membaca do’a qunut pada salat subuh, harus melakukan .

A.   
sujud syukur                                     D. sujud rukun

B.    
sujud sahwi                                       E. sujud wada’

C.    
sujud tilawah

  1. Perhatikan hadis
    di bawah ini
    !

كَانَ
يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِي الجَاهِلِيَّةِ، وَكَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ، فَلَمَّا قَدِمَ المَدِينَةَ
صَامَهُ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ، فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ
عَاشُورَاءَ، فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ، وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ

Berdasarkan hadis di atas, berpuasa pada tanggal 10
Muharram hukumnya ….

A.   
haram                                                            D.
makruh

B.    
wajib                                                             E. mubah

C.    
sunnah

9.     
Perhatikan hadis berikut ini!

يَنْزِلُ
اللهُ إِلى السَّمَاءِ الدُّنْيَا لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِكُلِّ
شَيْءٍ، إِلَّا لِرَجُلٍ مُشْرِكٍ أَوْ رَجُلٍ فِي قَلْبِهِ شَحْنَاء

Berdasarkan hadis di atas, melakukan
amalan – amalan tertentu
pada malam nisfu Syakban sebagaimana yang dilakukan kaum nahdliyin, hukumnya ….

A.   
haram                                                            D.
sunnah

B.    
makruh                                              E. mubah

C.    
wajib

10.  Muktamar Nahdlatul Ulama kedua di
Banjarmasin pada tahun 1936 memutuskan Indonesia sebagai….

A.            Negara Federal                                    D. Dar
al-Ulum

B.            Negara demokrasi                               E. Dar
al-Salam

C.            Negara Kesatuan Republik Indonesia

11. 
Perhatikan tabel di bawah ini!

No

Nama Tokoh

1

KH. A. Wahab Hasbullah

2

KH. A. Wahid Hasyim

3

KH. Hasyim Asy’ari

4

KH. Mansyur

 

Tokoh
NU yang ikut dalam anggota BPUPKI
ditunjukkan nomor ….

A.            1 dan 2                                               D.
2 dan 4

B.            1 dan 3                                               E.  3 dan 4

C.            2 dan 3

12. 
Perhatikan manfaat wirid di bawah ini!

1)     
memperoleh ketenangan hati

2)     
terhindar dari perbuatan keji dan munkar

3)     
selamat dunia akhirat

4)     
memperoleh harta yang melimpah

5)     
mendapat jalan keluar yang baik dari setiap
permasalahan

Manfaat wirid setelah salat ditunjukkan nomor ….

A.            (1), (2), (4)                                          D.
(2), (3), (5)

B.            (1), (3), (4)                                          E.
(3), (4), (5)

C.            (2), (3), (4)

13.  Menurut Imam Abul Qohir al-Baghdadi, ada 8 golongan yang termasuk dalam  Firqah an-Najiyah”, yaitu golongan ….

A.   
paling berkuasa di zaman  sahabat    D. yang
selamat dari api neraka

B.    
yang paling besar pengikutnya         E. yang akan masuk
ke dalam api neraka

C.    
yang tidak akan masuk syurga

14.  Paham yang meyakini bahwa manusia memiliki kekuasaan
penuh (free will) untuk berbuat atau
tidak berbuat adalah ….

A.   
Murji’ah                                            D.
Khawarij

B.    
Jabariyah                                           E.
Ahlussunnah Waljama’ah

C.    
Qodariyah

15.  Perhatikan hikmah Isra’ dan Mi’raj berikut ini!

(1)   Isra’ Miraj merupakan kemuliaan dan keistimewaan dari Allah
kepada Nabi Muhammad.

(2)   Kewajiban menjalankan salat lima waktu bagi setiap
muslim.

(3)   Perjalanan pertama manusia dari bumi ke luar angkasa
dan kembali dengan selamat.

(4)   Dalam kisah Isra’ Mikraj terdapat penyebutan dua
masjid umat Islam.

Hikmah di atas yang memotivasi manusia untuk menjadi
mukmin yang khusyuk, senantiasa merasa dalam pengawasan Allah dan berupaya
menjadi manusia yang senantiasa mengembangkan potensi diri dalam segala bidang
ilmu, ditunjukkan oleh nomor ….

A.   
 (1), (2)                                                          D.
(1), (3)

B.    
 (2), (3)                                                          E.
 (2), (4)

C.    
 (3), (4)

16.  Isra’ Mi’raj adalah kemuliaan dan
keistimewaan dari Allah kepada hamba tercintanya, Nabi Muhammad Saw, Nabi baru
saja mengalami hal yang amat menyedihkan, yaitu wafatnya Sayyidah Khadijah
sebagai istri tercinta, yang selalu mengorbankan jiwa, tenaga, pikiran, dan
hartanya demi perjuangan Nabi, serta wafatnya paman tercinta yaitu Abu Thalib,
yang selalu melindungi Nabi dari kekejaman kaum Quraisy. Allah ingin menguatkan
hati Nabi dengan melihat secara langsung kebesaran Allah SWT,
sehingga hati Nabi semakin mantap
dan teguh dalam menyebarkan agama Allah SWT.

Hikmah
yang dapat kita ambil dari uraian di atas adalah …
.

A.        
siapa saja yang menerima dan mengimani peristiwa Isra’
dan Mi’raj akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

B.        
siapa pun yang berjuang di jalan Allah, dan menegakkan
agama, Allah akan memberikan kebahagiaan
dan
keistimewaan baginya.

C.        
umat Islam harus siap berjuang membela agama Allah,
namun tidak boleh mencela dan merendahkan derajat orang lain.

D.        
umat
Islam harus menerima peristiwa Isra’ dan Mi’raj secara penuh dan tidak boleh
melakukan analisa terhadap ayat.

E.         
    peristiwa
Isra’ Mi’raj harus menjadi pembelajaran 
bahwa sesungguhnya kemampuan manusia itu sangat terbatas.

 

17.  Tarawih
dalam bahasa Arab adalah bentuk jama’ dari tarwihah yang diartikan
sebagai “waktu sesaat untuk istirahat”. Disebut shalat Tarawih karena
pelaksanaannya diselingi istirahat. Pada zaman sahabat, waktu istirahat
tersebut diisi dengan

A.   
tidur

B.    
diam menunggu shalat lagi

C.    
membaca al-Qur’an

D.   
 melakukan shalat Sunnah yang lain

E.    
Mendengarkan tausiah

18.  Shalat
Witir adalah shalat yang dikerjakan dengan rakaat ganjil. Jumlah rakaatnya
minimal satu rakaat dan maksimal
.…

A.   
 3                                           D. 9

B.    
 5                                           E. 11

C.    
 7

19. 
Si Fulan dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama mengikuti jalan
pemikiran ulama terutama ulama mujtahid
. Pernyataan
tersebut adalah pengertian ……….

A.   
Mazhab                                 D. Fatwa

B.    
Bermazhab                            E.
Ijtihad

C.    
Talfiq

20. 
Corak
pemikiran imam madzhab yang banyak mengedepankan ra’yu (akal atau logika), adalah imam .…

A.   
Ghozali                                             D. Maliki

B.    
Hambali                                            E. Hanafi

C.    
Syafi’i

21. 
Proses
pemilihan salah satu pendapat dalam bahtsul masa’il dilakukan dengan mengambil
pendapat yang lebih mashlahat atau yang lebih rajah (kuat); sedapat mungkin
melakukan pemilihan pendapat dengan mempertimbangkan tingkatan pendapat ulama
yang dianggap paling tinggi dalam madzhab Syafi’i yaitu pendapatnya ….

A.   
Imam an-Nawawi dan Rafi’i                        D. al-Nawawi
 dan Fadhlurrahman

B.    
al-Rafi’i dan Syarifudin                    E. al-Razi
dan Abdurrahman al-Jaziri

C.    
Syarifuddin dan Fadhlurrahman

22.  Di dalam bahtsul masa’il terdapat dua
metode, yakni; Metode Qouli dan Metode Manhaji.
Metode Qauli
adalah cara pengambilan ketetapan hukum didasarkan pada

….

A.   
Al-Qur’an                             D.
Imam Mazhab

B.    
Hadis                                                E. Qiyas

C.    
Ijma’

 

23.  Perhatikan pernyataan berikut ini:

1) taqlid ialah mengambil pendapat orang lain
atas hasil ijtihadnya

2) taqlid itu terjadi karena tidak mengerti
dasar atau dalil dari suatu peristiwa atau kejadian

3) taqlid itu tidak diperbolehkan dalam bidang Akidah

4) orang yang bertaqlid hendaknya mengikuti
imam mujtahid dalam hasil ijtihadnya

5) seorang mujtahid boleh bertaqlid

Dari pernyataan di atas, pernyataan yang salah adalah
….

A.    1                                                        D. 4

B.     2                                                        E.
5

C.    
3

 

24. 
(1).
Mengikuti pendapat imam madzhab
dengan sumber hukum langsung dari Al-Qur’an.

(2). Mengikuti pendapat imam
madzhab dan mengetahui sumber hukumnya dengan jelas
.

(3). Mengikuti pendapat imam madzhab yang memiliki
pemikiran sangat kuat.

(4). Mengikuti pendapat ulama’ dengan sumber hukum
langsung dari Al-Qur’an.

(5). Mengikuti pendapat ulama’ milenial yang memiliki
pandangan visioner.

Pengertian ittiba yang benar ditunjukkan nomor ….

A.   
(1)                                                     D. (4)

B.    
(2)                                                     E.  (5)

C.     (3)

 

25. 
(1). Beribadah dengan berganti-ganti mengikuti
pendapat imam madzhab dalam satu rangkaian.

(2). Beribadah mengikuti imam madzhab secara
bergantian dalam beberapa rangkaian ibadah.

(3). Ibadah yang dilakukan secara bergantian
berdasarkan pendapat imam madzhab yang kuat.

(4). Ibadah yang dilakukan secara bergantian dalam
rangkaian pendapat
satu imam madzhab.

(5). Beribadah mengikuti pendapat imam madzhab
tertentu dengan rangkaian terperinci.

Pengertian talfiq ditunjukkan pada pernyataan nomer ….

A.   
(1)                                                     D. (4)

B.    
(2)                                                     E. (5)

C.    
(3)

 

26.  Bertawasul
kepada orang-orang yang dicintai oleh Allah Swt. dapat dilakukan dengan al-Tawasul bi al-Ahya’ atau al-Tawassul bi al-Amwat. Yang dimaksud al-Tawasul bi al-Ahya’ adalah ….

         
A. tawasul demi hidup di akhirat

         
B. tawasul
demi isteri dan anak

         
C. tawasul saat mereka sudah meninggal

         
D. tawasul saat mereka masih hidup

         
E. tawasul dengan menghidupkan seeorang

        
 

27. 
 “Prinsip-prinsip dasar yang terkandung dalam Mabadi
Khairo Ummah
memang sangat relevan dengan dimensi personal dalam pembinaan
manajemen organisasi, baik organisasi usaha (
ekonomi) maupun organisasi sosial. Manajemen organisasi yang baik membutuhkan sumber daya
manusia yang tidak saja terampil, tetapi juga berkarakter terpuji dan
bertanggungjawab. Dalam pembinaan organisasi NU, kualitas sumber daya manusia
semacam ini jelas dibutuhkan”.

Berdasarkan
pernyataan di atas, Mabadi Khairo Ummah sangat tepat untuk …
.

A.    Pengembangan sumber daya manusia Indonesia secara keseluruhan

B.    
Pengembangan program
ekonomi dan pembinaan organisasi
NU

C.    
Mewujudkan kader organisasi yang mampu merekrut
pengusaha terampil

D.   
Pengembangan kegiatan social politik dalam organisasi
Nahdlatul Ulama

E.    
Pengembangan kemampuan masyarakat Indonesia di bidang
ekonomi

 

28.  Perhatikan tabel di bawah ini!

No

Nama Tokoh

No

Nama Kota

1

K.H. Hasyim Asy’ari

A

Malang

2

K.H. Ahmad Shiddiq

B

Surabaya

3

K.H. Mahfud Shiddiq

C

Jakarta

4

K.H. Abdul Wahab Chasbullah

D

Semarang

5

K.H. Abdul Wahid Hasyim

E

Magelang

Mabadi khairo ummah
dirumuskan pada muktamar NU tahun 1939.
Pasangan nama perumus mabadi khairo ummah
dengan kota tempat merumuskannya adalah ….

A.   
(1-B)                                                 D. (4-C)

B.    
(2-A)                                                 E. (5-D)

C.    
(3-E)

29.  Dasar pembentukan perilaku kaum nahdliyyin harus
berpegang pada prinsip keagamaan yang dirumuskan oleh ulama’ salaf.
Prinsip keagamaan tersebut adalah ….

A.   
al-maslahah al-mursalah                  D. al-uswah al-hasanah

B.    
al-‘adah muhakkamah                      E. qaidah fiqhiyyah

C.    
al-sunnah al-rasulillah

 

30. 
Kerangka
berfikir atau paradigma yang didasarkan pada paham ahlussunnah wal jama’ah yang
dijadikan landasan berpikir NU untuk menentukan arah perjuangan dalam rangka
perbaikan umat disebut ….

A.   
 fikrah nahdliyah                               D. al-maslahah
wa al-mafsadah

B.    
al-‘adah muhakkamah                      E. al-maslahah
al-mursalah

C.    
al-uswah al-hasanah

 

31.  Ayat al-Qur’an yang menjadi rumusan penting dari
ajaran ukhuwah adalah surat .…

A.   
 Ali Imron (3): 103                            D.  Al-Hujurat
(49): 13

B.    
 Ali Imron (3): 105                            E.  Al-Hujurat
(49): 15

C.    
 Ali Imron (3): 108

32.  Formulasi ukhuwah
berupa sikap kerukunan, persatuan dan solidaritas antara seseorang dengan orang
lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dinamakan ukhuwah ….

A.   
nahdliyah                                           D.
wathaniyah

B.    
islamiyah                                           E. insaniyah

C.    
basyariyah

33.  Hisab secara etimologi bermakna qaddara, artinya mengukur. Menurut NU penggunaan hisab sebagai alat
bantu rukyat, tujuannya adalah ….

A.   
supaya hilal terlihat jelas                               D.
menyederhanakan rukyat

B.    
rukyat lebih fleksibel                                    E. sebagai dasar pelaksanaan rukyat

C.    
supaya ketika rukyat selalu tepat

34.  Pandangan NU tentang rukyat sebagai dasar penentuan
awal bulan Qamariyah, khususnya awal bulan Ramadhan, Syawwal, dan Dzulhijjah
didasarkan atas pemahaman bahwa nash-nash
tentang rukyat itu bersifat ….

A.   
ta’aqquliy                                          D. tafakkuriy

B.    
ta’abbudiy                                         E. ta’limiy

C.    
tadzarru’iy

35.  Pengertian “istikmal” dalam penetapan jumlah
hari pada bulan tertentu adalah ….

A.   
menggenapkan jumlah hari pada bulan Muharram dan
Shafar menjadi 30 hari

B.    
menetapkan jumlah hari pada bulan Muharram
dan bulan Ramadhan menjadi 30 hari

C.    
menggenapkan bilangan bulan Sya’ban dan atau bulan Ramadhan menjadi 30
hari

D.   
menyepakati jumlah hari bulan Syaban dan atau bulan Ramadhan menjadi 29 hari

E.    
menggabungkan jumlah hari pada bulan Sya’ban dan
Ramadhan menjadi 60 hari

36.  Penetapan awal Ramadhan, awal Syawal dan awal Dzulhijjah
yang berlaku umum bagi segenap lapisan kaum muslimin di Indonesia dilakukan
oleh….

A.    LAPAN                                            D. Kementerian
Agama RI

B.     Nahdlatul
Ulama’                             E. Lembaga
observatorium

C.     Muhammadiyah

37.  Wacana NU kembali ke khittah pertama kali muncul pada
….

A.   
muktamar NU di Jakarta tahun 1959                                                          

B.    
muktamar di Surabaya tahun 1971                                      

C.    
munas Alim Ulama’ tahun 1983

D.   
muktamar Situbondo tahun 1984

E.    
  muktamar
Jombang 2015

38.  Khittah nahdliyah bagi organisasi NU merupakan sebuah
babak baru ormas Islam terbesar di Indonesia karena ….

A.   
menegaskan maksud pengurus organisasi                                                    

B.    
menegaskan garis perjuangan organisasi                                          

C.    
potensi besar organisasi dapat direalisasikan

D.   
NU organisasi yang moderat dan mudah diterima dimana-mana

E.    
 NU
merupakan organisasi sosial keagamaan yang menyatu dengan masyarakat

39.  Salah seorang Rais Aam yang pertama mewacanakan NU
harus kembali ke khittah 1926 adalah ….

A.   
K.H. Sahal Mahfudz                                    D. K.H. Wahab Hasbullah

B.    
K.H.Mustofa Bisri                            E. K.H.
Abdurrahman Wahid

C.    
K.H. Bisri Syamsuri

40.  Pada waktu tertentu, kaum nahdliyin sering melakukan
kegiatan “manakiban”. Kegiatan itu berupa ….

A.   
pembacaan hadis-hadis utama          D. pembacaan kitab
Irsadul Ibad

B.    
pembacaan cerita ulama salaf            E. pembacaan riwayat
hidup ulama

C.    
kisah-kisah kebaikan
ulama

41. 
Dalam bidang adab, Syeh Abdul Qadir Jailani berguru kepada ….

A.   
Syeh Abi al-Khoiri ad-Dabbas                     D. Syeh
Abu Sholeh Musa

B.    
Syeh Junaid al-Baghdadi                              E.
Syeh Abi Zakariya Yahya

C.    
Syeh Ibnu Atthaillah Assakandari

42.  Ada banyak hikmah membaca manaqib. Beberapa hikmah
membaca manaqib bagi kehidupan social kemasyarakatan adalah….

A.    Mendatangkan berbagai kehidupan

B.      Mendatangkan
ketenangan hati

C.      Terkabulnya
berbagai hajat

D.    Terciptanya harmonisasi masyarakat

E.      Lebih
mengenal Syekh Abdul Qadir Jaelani

43.  Setelah melalui serangkaian proses yang panjang,
akhirnya PMII dideklarasikan di Surabaya pada ….

A.   
17 April 1960                                                D.
17 April 1963

B.    
17 April 1961                                                E.
17 April 1959

C.    
17 April 1962

44.  Beberapa organisasi kemahasiswaan yang didirikan
mahasiswa NU dan menjadi cikal bakal lahirnya PMII antara lain…

A.    IMANU dan KMNU                                     C.
KMNU dan IPNU

B.     HMI dan IPPNU                               D.
IPPNU dan IPNU

C.     KMNU dan IPNU

45.  Jenjang pertama pengkaderan formal di PMII adalah ….

A.   
Makesta                                            D.
Mapaba

B.    
Mapala                                              E.
PKD

C.    
PKL

 

I.    
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !

46.        
Bagaimana strategi Mabadi Khairo Ummah dalam tataran implementasi di masyarakat yang
heterogen ?

47.         
Apa yang dimaksud dengan ukhuwah Nahdliyah?

48.         
Jelaskan latar belakang munculnya Khittah Nahdliyah!

49.         
Sebutkan
4 hikmah membaca manakib
!

50.        
Jelaskan latar belakang lahirnya PMII!

 

1.     
Kata pondok berasal dari bahasa arab funduq yang berarti ruang
tidur, wisma, hotel sederhana. Sedangkan pesantren berasal dari kata santri
dengan awalan ‘pe’ dan akhiran ’an’ yang berarti
….

A.              Tempat shalat santri                                        D. Tempat bertapa santri

B.       Tempat
tinggal santri                                              E.
Tempat
mengabdi santri

C.      Tempat
ibadah santri

2.     
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan
Islam pertama kali didirikan oleh

A.   
          Syekh Maulana Malik Ibrahim                                    D. Mahdum Ibrahim

B.    
 Sunan Ampel                                                                       E. Syekh Jumadil Kubra

C.    
Syarif Hidayatullah

3.     
 

1.      M. Sofyan

4.     
A. Ghoni Farida, M.Uda

2.     
Mustahal Ahmad Masyhud

5.     
Hasyim Muzani

3.     
Tholhah Mansur

6.     
Mahbub Junaedi

Dari table diatas yang menunjukan ketua
umum
pertama IPNU adalah….

A.   
 1                                           D. 4

B.    
 2                                           E. 5

C.    
 3

4.     
Perhatikan
pernyataan di bawah ini!

No

Pernyataan

1

Menempatkan ajaran agama Islam
sebagai sumber motivasi dan inspirasi dalam memberikan makna dan arah
perjuangan manusia

2

Nilai yang dijiwai oleh persatuan
dan kesatuan memilki kepedulian terhadap nasib bangsa dan negara berlandaskan
prinsip persamaan dan demokrasi

3

Menempatkan ilmu pengetahuan sebagai
alat untuk mengembangkan kecerdasan anggota dan kader

4

Menempatkan organisasi dan anggota
pada pemantapan diri sebagai pusat pemberdayaan sumber daya manusia terdidik
yang berilmu, berkeahlian, dan visioner

5

Menempatkan organisasi sebagai wadah
untuk membina anggota agar menjadi kader-kader yang memiliki komitmen
terhadap idiologi, cita-cita perjuangan organisasi

Wawasan
keterpelajaran ditunjukkan oleh nomor ….

A.   
1                                                                    D. 4

B.    
2                                                                    E. 5

C.    
3

5.     
Waktu
membaca do’a qunut pada salat subuh adalah ….

A.   
pada
rakaat kedua setelah bacaan i’tidal, sebelum sujud

B.    
pada
rakaat kedua sebelum bacaan i’tidal, sebelum sujud

C.    
pada
rakaat kedua setelah bacaan i’tidal dan setelah sujud

D.   
pada
rakaat kedua sebelum bacaan i’tidal dan sebelum sujud

E.    
pada
rakaat kedua setelah bacaan fatihah dan sebelum sujud

6.     
Menurut
Imam Syafi’i,
hukum membaca do’a
qunut pada salat subuh
adalah .

A.   
wajib                                                 D.
Sunnah ghoiru muakad

B.    
sunnah muakkad                               E. haram

C.    
bid’ah

7.     
Apabila lupa membaca do’a qunut pada salat subuh, harus melakukan .

A.   
sujud syukur                                     D. sujud rukun

B.    
sujud sahwi                                       E. sujud wada’

C.    
sujud tilawah

  1. Perhatikan hadis
    di bawah ini
    !

كَانَ
يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِي الجَاهِلِيَّةِ، وَكَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ، فَلَمَّا قَدِمَ المَدِينَةَ
صَامَهُ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ، فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ
عَاشُورَاءَ، فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ، وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ

Berdasarkan hadis di atas, berpuasa pada tanggal 10
Muharram hukumnya ….

A.   
haram                                                            D.
makruh

B.    
wajib                                                             E. mubah

C.    
sunnah

9.     
Perhatikan hadis berikut ini!

يَنْزِلُ
اللهُ إِلى السَّمَاءِ الدُّنْيَا لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِكُلِّ
شَيْءٍ، إِلَّا لِرَجُلٍ مُشْرِكٍ أَوْ رَجُلٍ فِي قَلْبِهِ شَحْنَاء

Berdasarkan hadis di atas, melakukan
amalan – amalan tertentu
pada malam nisfu Syakban sebagaimana yang dilakukan kaum nahdliyin, hukumnya ….

A.   
haram                                                            D.
sunnah

B.    
makruh                                              E. mubah

C.    
wajib

10.  Muktamar Nahdlatul Ulama kedua di
Banjarmasin pada tahun 1936 memutuskan Indonesia sebagai….

A.            Negara Federal                                    D. Dar
al-Ulum

B.            Negara demokrasi                               E. Dar
al-Salam

C.            Negara Kesatuan Republik Indonesia

11. 
Perhatikan tabel di bawah ini!

No

Nama Tokoh

1

KH. A. Wahab Hasbullah

2

KH. A. Wahid Hasyim

3

KH. Hasyim Asy’ari

4

KH. Mansyur

 

Tokoh
NU yang ikut dalam anggota BPUPKI
ditunjukkan nomor ….

A.            1 dan 2                                               D.
2 dan 4

B.            1 dan 3                                               E.  3 dan 4

C.            2 dan 3

12. 
Perhatikan manfaat wirid di bawah ini!

1)     
memperoleh ketenangan hati

2)     
terhindar dari perbuatan keji dan munkar

3)     
selamat dunia akhirat

4)     
memperoleh harta yang melimpah

5)     
mendapat jalan keluar yang baik dari setiap
permasalahan

Manfaat wirid setelah salat ditunjukkan nomor ….

A.            (1), (2), (4)                                          D.
(2), (3), (5)

B.            (1), (3), (4)                                          E.
(3), (4), (5)

C.            (2), (3), (4)

13.  Menurut Imam Abul Qohir al-Baghdadi, ada 8 golongan yang termasuk dalam  Firqah an-Najiyah”, yaitu golongan ….

A.   
paling berkuasa di zaman  sahabat    D. yang
selamat dari api neraka

B.    
yang paling besar pengikutnya         E. yang akan masuk
ke dalam api neraka

C.    
yang tidak akan masuk syurga

14.  Paham yang meyakini bahwa manusia memiliki kekuasaan
penuh (free will) untuk berbuat atau
tidak berbuat adalah ….

A.   
Murji’ah                                            D.
Khawarij

B.    
Jabariyah                                           E.
Ahlussunnah Waljama’ah

C.    
Qodariyah

15.  Perhatikan hikmah Isra’ dan Mi’raj berikut ini!

(1)   Isra’ Miraj merupakan kemuliaan dan keistimewaan dari Allah
kepada Nabi Muhammad.

(2)   Kewajiban menjalankan salat lima waktu bagi setiap
muslim.

(3)   Perjalanan pertama manusia dari bumi ke luar angkasa
dan kembali dengan selamat.

(4)   Dalam kisah Isra’ Mikraj terdapat penyebutan dua
masjid umat Islam.

Hikmah di atas yang memotivasi manusia untuk menjadi
mukmin yang khusyuk, senantiasa merasa dalam pengawasan Allah dan berupaya
menjadi manusia yang senantiasa mengembangkan potensi diri dalam segala bidang
ilmu, ditunjukkan oleh nomor ….

A.   
 (1), (2)                                                          D.
(1), (3)

B.    
 (2), (3)                                                          E.
 (2), (4)

C.    
 (3), (4)

16.  Isra’ Mi’raj adalah kemuliaan dan
keistimewaan dari Allah kepada hamba tercintanya, Nabi Muhammad Saw, Nabi baru
saja mengalami hal yang amat menyedihkan, yaitu wafatnya Sayyidah Khadijah
sebagai istri tercinta, yang selalu mengorbankan jiwa, tenaga, pikiran, dan
hartanya demi perjuangan Nabi, serta wafatnya paman tercinta yaitu Abu Thalib,
yang selalu melindungi Nabi dari kekejaman kaum Quraisy. Allah ingin menguatkan
hati Nabi dengan melihat secara langsung kebesaran Allah SWT,
sehingga hati Nabi semakin mantap
dan teguh dalam menyebarkan agama Allah SWT.

Hikmah
yang dapat kita ambil dari uraian di atas adalah …
.

A.        
siapa saja yang menerima dan mengimani peristiwa Isra’
dan Mi’raj akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

B.        
siapa pun yang berjuang di jalan Allah, dan menegakkan
agama, Allah akan memberikan kebahagiaan
dan
keistimewaan baginya.

C.        
umat Islam harus siap berjuang membela agama Allah,
namun tidak boleh mencela dan merendahkan derajat orang lain.

D.        
umat
Islam harus menerima peristiwa Isra’ dan Mi’raj secara penuh dan tidak boleh
melakukan analisa terhadap ayat.

E.         
    peristiwa
Isra’ Mi’raj harus menjadi pembelajaran 
bahwa sesungguhnya kemampuan manusia itu sangat terbatas.

 

17.  Tarawih
dalam bahasa Arab adalah bentuk jama’ dari tarwihah yang diartikan
sebagai “waktu sesaat untuk istirahat”. Disebut shalat Tarawih karena
pelaksanaannya diselingi istirahat. Pada zaman sahabat, waktu istirahat
tersebut diisi dengan

A.   
tidur

B.    
diam menunggu shalat lagi

C.    
membaca al-Qur’an

D.   
 melakukan shalat Sunnah yang lain

E.    
Mendengarkan tausiah

18.  Shalat
Witir adalah shalat yang dikerjakan dengan rakaat ganjil. Jumlah rakaatnya
minimal satu rakaat dan maksimal
.…

A.   
 3                                           D. 9

B.    
 5                                           E. 11

C.    
 7

19. 
Si Fulan dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama mengikuti jalan
pemikiran ulama terutama ulama mujtahid
. Pernyataan
tersebut adalah pengertian ……….

A.   
Mazhab                                 D. Fatwa

B.    
Bermazhab                            E.
Ijtihad

C.    
Talfiq

20. 
Corak
pemikiran imam madzhab yang banyak mengedepankan ra’yu (akal atau logika), adalah imam .…

A.   
Ghozali                                             D. Maliki

B.    
Hambali                                            E. Hanafi

C.    
Syafi’i

21. 
Proses
pemilihan salah satu pendapat dalam bahtsul masa’il dilakukan dengan mengambil
pendapat yang lebih mashlahat atau yang lebih rajah (kuat); sedapat mungkin
melakukan pemilihan pendapat dengan mempertimbangkan tingkatan pendapat ulama
yang dianggap paling tinggi dalam madzhab Syafi’i yaitu pendapatnya ….

A.   
Imam an-Nawawi dan Rafi’i                        D. al-Nawawi
 dan Fadhlurrahman

B.    
al-Rafi’i dan Syarifudin                    E. al-Razi
dan Abdurrahman al-Jaziri

C.    
Syarifuddin dan Fadhlurrahman

22.  Di dalam bahtsul masa’il terdapat dua
metode, yakni; Metode Qouli dan Metode Manhaji.
Metode Qauli
adalah cara pengambilan ketetapan hukum didasarkan pada

….

A.   
Al-Qur’an                             D.
Imam Mazhab

B.    
Hadis                                                E. Qiyas

C.    
Ijma’

 

23.  Perhatikan pernyataan berikut ini:

1) taqlid ialah mengambil pendapat orang lain
atas hasil ijtihadnya

2) taqlid itu terjadi karena tidak mengerti
dasar atau dalil dari suatu peristiwa atau kejadian

3) taqlid itu tidak diperbolehkan dalam bidang Akidah

4) orang yang bertaqlid hendaknya mengikuti
imam mujtahid dalam hasil ijtihadnya

5) seorang mujtahid boleh bertaqlid

Dari pernyataan di atas, pernyataan yang salah adalah
….

A.    1                                                        D. 4

B.     2                                                        E.
5

C.    
3

 

24. 
(1).
Mengikuti pendapat imam madzhab
dengan sumber hukum langsung dari Al-Qur’an.

(2). Mengikuti pendapat imam
madzhab dan mengetahui sumber hukumnya dengan jelas
.

(3). Mengikuti pendapat imam madzhab yang memiliki
pemikiran sangat kuat.

(4). Mengikuti pendapat ulama’ dengan sumber hukum
langsung dari Al-Qur’an.

(5). Mengikuti pendapat ulama’ milenial yang memiliki
pandangan visioner.

Pengertian ittiba yang benar ditunjukkan nomor ….

A.   
(1)                                                     D. (4)

B.    
(2)                                                     E.  (5)

C.     (3)

 

25. 
(1). Beribadah dengan berganti-ganti mengikuti
pendapat imam madzhab dalam satu rangkaian.

(2). Beribadah mengikuti imam madzhab secara
bergantian dalam beberapa rangkaian ibadah.

(3). Ibadah yang dilakukan secara bergantian
berdasarkan pendapat imam madzhab yang kuat.

(4). Ibadah yang dilakukan secara bergantian dalam
rangkaian pendapat
satu imam madzhab.

(5). Beribadah mengikuti pendapat imam madzhab
tertentu dengan rangkaian terperinci.

Pengertian talfiq ditunjukkan pada pernyataan nomer ….

A.   
(1)                                                     D. (4)

B.    
(2)                                                     E. (5)

C.    
(3)

 

26.  Bertawasul
kepada orang-orang yang dicintai oleh Allah Swt. dapat dilakukan dengan al-Tawasul bi al-Ahya’ atau al-Tawassul bi al-Amwat. Yang dimaksud al-Tawasul bi al-Ahya’ adalah ….

         
A. tawasul demi hidup di akhirat

         
B. tawasul
demi isteri dan anak

         
C. tawasul saat mereka sudah meninggal

         
D. tawasul saat mereka masih hidup

         
E. tawasul dengan menghidupkan seeorang

        
 

27. 
 “Prinsip-prinsip dasar yang terkandung dalam Mabadi
Khairo Ummah
memang sangat relevan dengan dimensi personal dalam pembinaan
manajemen organisasi, baik organisasi usaha (
ekonomi) maupun organisasi sosial. Manajemen organisasi yang baik membutuhkan sumber daya
manusia yang tidak saja terampil, tetapi juga berkarakter terpuji dan
bertanggungjawab. Dalam pembinaan organisasi NU, kualitas sumber daya manusia
semacam ini jelas dibutuhkan”.

Berdasarkan
pernyataan di atas, Mabadi Khairo Ummah sangat tepat untuk …
.

A.    Pengembangan sumber daya manusia Indonesia secara keseluruhan

B.    
Pengembangan program
ekonomi dan pembinaan organisasi
NU

C.    
Mewujudkan kader organisasi yang mampu merekrut
pengusaha terampil

D.   
Pengembangan kegiatan social politik dalam organisasi
Nahdlatul Ulama

E.    
Pengembangan kemampuan masyarakat Indonesia di bidang
ekonomi

 

28.  Perhatikan tabel di bawah ini!

No

Nama Tokoh

No

Nama Kota

1

K.H. Hasyim Asy’ari

A

Malang

2

K.H. Ahmad Shiddiq

B

Surabaya

3

K.H. Mahfud Shiddiq

C

Jakarta

4

K.H. Abdul Wahab Chasbullah

D

Semarang

5

K.H. Abdul Wahid Hasyim

E

Magelang

Mabadi khairo ummah
dirumuskan pada muktamar NU tahun 1939.
Pasangan nama perumus mabadi khairo ummah
dengan kota tempat merumuskannya adalah ….

A.   
(1-B)                                                 D. (4-C)

B.    
(2-A)                                                 E. (5-D)

C.    
(3-E)

29.  Dasar pembentukan perilaku kaum nahdliyyin harus
berpegang pada prinsip keagamaan yang dirumuskan oleh ulama’ salaf.
Prinsip keagamaan tersebut adalah ….

A.   
al-maslahah al-mursalah                  D. al-uswah al-hasanah

B.    
al-‘adah muhakkamah                      E. qaidah fiqhiyyah

C.    
al-sunnah al-rasulillah

 

30. 
Kerangka
berfikir atau paradigma yang didasarkan pada paham ahlussunnah wal jama’ah yang
dijadikan landasan berpikir NU untuk menentukan arah perjuangan dalam rangka
perbaikan umat disebut ….

A.   
 fikrah nahdliyah                               D. al-maslahah
wa al-mafsadah

B.    
al-‘adah muhakkamah                      E. al-maslahah
al-mursalah

C.    
al-uswah al-hasanah

 

31.  Ayat al-Qur’an yang menjadi rumusan penting dari
ajaran ukhuwah adalah surat .…

A.   
 Ali Imron (3): 103                            D.  Al-Hujurat
(49): 13

B.    
 Ali Imron (3): 105                            E.  Al-Hujurat
(49): 15

C.    
 Ali Imron (3): 108

32.  Formulasi ukhuwah
berupa sikap kerukunan, persatuan dan solidaritas antara seseorang dengan orang
lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dinamakan ukhuwah ….

A.   
nahdliyah                                           D.
wathaniyah

B.    
islamiyah                                           E. insaniyah

C.    
basyariyah

33.  Hisab secara etimologi bermakna qaddara, artinya mengukur. Menurut NU penggunaan hisab sebagai alat
bantu rukyat, tujuannya adalah ….

A.   
supaya hilal terlihat jelas                               D.
menyederhanakan rukyat

B.    
rukyat lebih fleksibel                                    E. sebagai dasar pelaksanaan rukyat

C.    
supaya ketika rukyat selalu tepat

34.  Pandangan NU tentang rukyat sebagai dasar penentuan
awal bulan Qamariyah, khususnya awal bulan Ramadhan, Syawwal, dan Dzulhijjah
didasarkan atas pemahaman bahwa nash-nash
tentang rukyat itu bersifat ….

A.   
ta’aqquliy                                          D. tafakkuriy

B.    
ta’abbudiy                                         E. ta’limiy

C.    
tadzarru’iy

35.  Pengertian “istikmal” dalam penetapan jumlah
hari pada bulan tertentu adalah ….

A.   
menggenapkan jumlah hari pada bulan Muharram dan
Shafar menjadi 30 hari

B.    
menetapkan jumlah hari pada bulan Muharram
dan bulan Ramadhan menjadi 30 hari

C.    
menggenapkan bilangan bulan Sya’ban dan atau bulan Ramadhan menjadi 30
hari

D.   
menyepakati jumlah hari bulan Syaban dan atau bulan Ramadhan menjadi 29 hari

E.    
menggabungkan jumlah hari pada bulan Sya’ban dan
Ramadhan menjadi 60 hari

36.  Penetapan awal Ramadhan, awal Syawal dan awal Dzulhijjah
yang berlaku umum bagi segenap lapisan kaum muslimin di Indonesia dilakukan
oleh….

A.    LAPAN                                            D. Kementerian
Agama RI

B.     Nahdlatul
Ulama’                             E. Lembaga
observatorium

C.     Muhammadiyah

37.  Wacana NU kembali ke khittah pertama kali muncul pada
….

A.   
muktamar NU di Jakarta tahun 1959                                                          

B.    
muktamar di Surabaya tahun 1971                                      

C.    
munas Alim Ulama’ tahun 1983

D.   
muktamar Situbondo tahun 1984

E.    
  muktamar
Jombang 2015

38.  Khittah nahdliyah bagi organisasi NU merupakan sebuah
babak baru ormas Islam terbesar di Indonesia karena ….

A.   
menegaskan maksud pengurus organisasi                                                    

B.    
menegaskan garis perjuangan organisasi                                          

C.    
potensi besar organisasi dapat direalisasikan

D.   
NU organisasi yang moderat dan mudah diterima dimana-mana

E.    
 NU
merupakan organisasi sosial keagamaan yang menyatu dengan masyarakat

39.  Salah seorang Rais Aam yang pertama mewacanakan NU
harus kembali ke khittah 1926 adalah ….

A.   
K.H. Sahal Mahfudz                                    D. K.H. Wahab Hasbullah

B.    
K.H.Mustofa Bisri                            E. K.H.
Abdurrahman Wahid

C.    
K.H. Bisri Syamsuri

40.  Pada waktu tertentu, kaum nahdliyin sering melakukan
kegiatan “manakiban”. Kegiatan itu berupa ….

A.   
pembacaan hadis-hadis utama          D. pembacaan kitab
Irsadul Ibad

B.    
pembacaan cerita ulama salaf            E. pembacaan riwayat
hidup ulama

C.    
kisah-kisah kebaikan
ulama

41. 
Dalam bidang adab, Syeh Abdul Qadir Jailani berguru kepada ….

A.   
Syeh Abi al-Khoiri ad-Dabbas                     D. Syeh
Abu Sholeh Musa

B.    
Syeh Junaid al-Baghdadi                              E.
Syeh Abi Zakariya Yahya

C.    
Syeh Ibnu Atthaillah Assakandari

42.  Ada banyak hikmah membaca manaqib. Beberapa hikmah
membaca manaqib bagi kehidupan social kemasyarakatan adalah….

A.    Mendatangkan berbagai kehidupan

B.      Mendatangkan
ketenangan hati

C.      Terkabulnya
berbagai hajat

D.    Terciptanya harmonisasi masyarakat

E.      Lebih
mengenal Syekh Abdul Qadir Jaelani

43.  Setelah melalui serangkaian proses yang panjang,
akhirnya PMII dideklarasikan di Surabaya pada ….

A.   
17 April 1960                                                D.
17 April 1963

B.    
17 April 1961                                                E.
17 April 1959

C.    
17 April 1962

44.  Beberapa organisasi kemahasiswaan yang didirikan
mahasiswa NU dan menjadi cikal bakal lahirnya PMII antara lain…

A.    IMANU dan KMNU                                     C.
KMNU dan IPNU

B.     HMI dan IPPNU                               D.
IPPNU dan IPNU

C.     KMNU dan IPNU

45.  Jenjang pertama pengkaderan formal di PMII adalah ….

A.   
Makesta                                            D.
Mapaba

B.    
Mapala                                              E.
PKD

C.    
PKL

 

I.    
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !

46.        
Bagaimana strategi Mabadi Khairo Ummah dalam tataran implementasi di masyarakat yang
heterogen ?

47.         
Apa yang dimaksud dengan ukhuwah Nahdliyah?

48.         
Jelaskan latar belakang munculnya Khittah Nahdliyah!

49.         
Sebutkan
4 hikmah membaca manakib
!

50.        
Jelaskan latar belakang lahirnya PMII!

 

KUNCI
JAWABAN PENILAIAN
UJIAN MADRASAH/SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

Ke-NU-an
KELAS X
II

 

I.                   
PILIHAN GANDA

 

No.

 

No.

 

No.

 

No.

 

No.

 

1

B

11

D

21

A

31

A

41

E

2

A

12

D

22

D

32

D

42

D

3

B

13

D

23

D

33

E

43

A

4

D

14

C

24

B

34

B

44

A

5

A

15

B

25

A

35

C

45

D

6

B

16

B

26

D

36

D

 

7

B

17

C

27

B

37

A

 

8

C

18

E

28

C

38

B

 

9

D

19

B

29

E

39

D

 

10

E

20

E

30

A

40

E

 

 

II.   ESSAY

46.  Penanaman Mabadi’u Khaira Ummah kepada warga NU
harus dilakukan secara intensif, terencana dan berkelanjutan melalui berbagai
jalur yang dimiliki oleh NU.

47.  Ukhuwah
Nahdliyah
adalah formulasi sikap persaudaraan, kerukunan, persatuan, dan solidaritas
yang dilakukan oleh se-seorang dengan orang lain, atau satu kelompok pada
kelom-pok lain dalam interaksi sosial dengan menjunjung tinggi nilai-nilai
agama, tradisi, dan sejarah bangsa serta prinsip-prinsip Ahlussunnah wal
Jama’ah

48.  Latar belakang lahirnya Khittah Nahdliyah adalah
keterlibatan NU ke dalam partai politik yang disertai dengan meninggalkan
tujuan organisasi. Akibatnya NU banyak kehilangan bidang-bidang kegiatannya,
semisal dakwah, pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya

49.  Hikmah membaca manakib adalah
:

a.      Sebagai bentuk penghormatan kepada keturunan (dzurriyah) rasulullah SAW.

b.      Memupuk rasa kecintaan para auliya, ulama, dan
orang-orang sholeh lainnya.

c.      Dapat meneladani akhlak dan perilaku Syeh
Abdul Qadir Jailani

d.      Mempererat silaturrahmi dan solidaritas antar
sesama masyarakat.

50.  Latar belakang lahirnya PMII lahir karena
beberapa hal;

a.     
situasi
politik yang tidak menentu tahun 1950-1959;

b.     
keluarya
NU dari Masyumi tahun 1952; (3) tidak tera-komodasinya kepentingan mahasiswa NU
di HMI

Contoh Soal Ke Nu an Kelas XII Lengkap Kunci Jawaban

Contoh Soal Ke Nu an Kelas XII Lengkap Kunci Jawaban


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *