Cara Mengatasi Internet Lemot dengan APN Luar Negeri

Kecepatan akses internet sangat penting dalam kenyamanan berselancar di dunia maya. Terutama bila anda adalah pebisnis online, atau pegiat sosial media. Tak ketinggalan para gamer dan youtuber sangat bergantung pada speed internet yang cepat dan stabil.

Akan tetapi bagi para pengguna provider lokal masih ada yang merasa tidak nyaman apabila koneksi internetnya tiba-tiba down. Beberapa kemungkinan karena wilayah terpencil yang memang sulit untuk mendapatkan akses internet yang stabil. Bahkan diwilayah perkotaan pun kadang masih saja terasa lemot internetnya. Salah satu faktornya karena penuhnya lalu lintas koneksi internet yang sudah menjamur di semua lini kehidupan manusia. 

Baiklah disini kami akan sharing tentang cara mengatasi internet lemot dengan menggunakan PAN luar negeri. Anda mungkin salah satu pengguna internet sudah tidak asing dengan yang namanya APN khususnya para player game online yang bermain setiap harinya. Menurut sebagian banyak orang APN bisa membantu mempercepat internet dan menstabilkan jaringan saat digunakan, ada juga cara lain yaitu seperti mengganti DNS Server maupun menggunakan VPN. 

Namun untuk artikel kali ini kami akan membagikan beberapa APN yang bisa anda coba sesuai kartu operator yang anda gunakan. Adapun APN yang akan saya bagikan ini berbeda dengan APN default atau asli melainkan APN dengan server luar negeri yang menurut banyak orang APN server ini lebih cepat dibanding dengan APN bawaan atau default.

Apa itu APN?

APN merupakan kepanjangan dari Access Point Network yaitu sebuah gerbang untuk menyambungkan sebuah perangkat seperti smartphone atau laptop ke jaringan internet. Tak jarang jika ada masalah saat mengakses jaringan internet orang biasa mengecek APN pada perangkat yang digunakan. Tidak semua pengaturan APN sama, sebab semuanya bergantung pada masing-masing operator.

Umumnya setiap operator sudah memberikan konfigurasi Default pada setiap kartu yang dipakai pengguna. Namun, terkadang APN tersebut lemot saat digunakan internet. Hal tersebut bisa saja terjadi sebab memang karena APN default yang kita gunakan juga digunakan oleh pengguna lain secara bersamaan. 

Pengertian APN Default

Jika diibaratkan APN ini seperti gerbang tool satu arah yang otomatis lalu lintasnya akan lambat. Nah, untuk mengatasi tersebut pastinya kita akan mencari jalan lain agar tidak ikut macet. Begitu juga dengan APN, jika APN Default pada pengaturan smartphone yang kita gunakan lemot anda bisa mengganti dengan APN lain. salah satunya APN yang akan saya bagikan pada saat ini. yaitu APN luar negeri.

APN Luar Negeri

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika APN Default pada sebuah operator lambat, solusinya yaitu dengan mencoba mengganti APN tersebut dengan APN lainya. Jika dirasa APN lain masih tidak membuahkan hasil, maka anda bisa menggunakan APN server luar negeri untuk semua operator dibawah ini.

Perlu anda ketahui APN ini tidak menjamin cepat atau tidaknya suatu internet anda, karena banyak sekali faktor lain yang membuat sinyal lemot seperti halnya sinyal di lokasi yang lemah, dan faktor lainnya. 

Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa settingan APN berikut untuk operator Telkomsel, Indosat, Three, Axis, XL, Smartfren. langsung saja berikut APN Luar Negeri Tercepat All Operator.

Cara Mengganti APN Default

Buka Smartphone > Masuk ke Pengaturan > Cari Pengaturan Sim > Pilih Sim 1 atau Sim 2 > Klik Menu Titik Akses / Nama Jalur Akses > Tambahkan APN Baru. Settingan APN Baru silahkan isi dengan APN luar negeri berikut ini:

APN Luar Negeri Telkomsel

Nama : Telkomselcs

APN : xi01.wi-gete.net

Nama Pengguna : wg@sim

MCC : 510

MNC : 10

Jenis autentikasi : PAP / CHAP

Jenis APN : default,supl

Protokol APN : IPv4

Protokol roaming APN : IPv4

Operator : LTE (Untuk 4G)

APN Luar Negeri Indosat

Nama : Indosatcs

APN : lte-d.ocn.ne.jp

Username : mobileid@ocn

Password : mobile

Jenis Authetifiikasi : Chap

APN Type : default

APN Protokol: IPv4/IPv6

Protokol Roaming : IPv4/IPv6

Operator : LTE (Untuk 4G)

APN Luar Negeri Three

Nama : Threecs

APN : internet.3g.com.ina

Nama Pengguna : internet

Kata Sandi :123

Server www.game.com

Jenis autentikasi : PAP / CHAP

Jenis APN : default,supl

Protokol APN : IPv4

Protokol roaming APN : IPv4

APN Luar Negeri Axis – XL

Nama : Cs

APN : internet.lgplus.co.kr

MMSC : https://omammsc.uplus.co.kr:9084

Authentication Type : Chap

APN Type : default

APN Protokol: IPv4/IPV6

APN roaming protocol : IPv4/IPV6

APN Luar Negeri Smartfren

Nama : Smartfrencs

APN : uno.au-net.ne.jp

Username : [email protected]

Password : KpyrR6BP

Authentication Type : Chap

APN Type : default

APN Protokol: IPv4/IPV6

APN roaming protocol : IPv4/IPV6

Perlu anda diketahui bahwa dengan mengganti APN luar negeri adalah salah satu solusi yang tidak menjamin akses internet anda “pasti” semakin cepat, karena terdapat banyak faktor lain yang mengakibatkan jaringan sebuah operator menjadi lemot. 

Hal tersebut bisa saja terjadi karena faktor cuaca atau koneksi ditempat anda yang memang lemah baik dari sisi geografis maupun infrastruktur. namun tidak ada salahnya jika anda mencobanya siapa tahu dapat mengubah sinyal lemot anda menjadi lebih cepat. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *