Cara Riset Keyword Dalam Membuat Konten BLog

Sahabat Santrinesia yang dirahmati Allah SWT. Semoga senantiasa semangat  belajar dan selalu mengembangkan kreatifitas ya. Buat sahabat gemar didunia blog nih, ada topik yang kiranya penting yaitu riset kata kunci atau keyword. Tahukah sahabat bahwa salah satu hal pertama yang harus dilakukan saat membangun blog atau website adalah riset keyword / riset kata kunci.
Masalahnya? Riset kata kunci seringkali membuat bingung, terutama bagi rekan-rekan yang masih awam tentang SEO.
Keyword atau kata kunci adalah istilah untuk kata-kata atau frase yang digunakan orang saat melakukan pencarian di search engine seperti Google, bing, dan sebagainya.
Misalnya anda mau liburan ke Bandung, lalu mengetikan tempat wisata di Bandung di Google. Nah, frase tempat wisata di Bandung inilah yang disebut dengan keyword/kata kunci.
Keyword pencarian ini direkam oleh search engine seperti Google, Bing dan lain sebagainya. Datanya bisa dilihat ntar; jumlah pencarian dengan menggunakan keyword tertentu, variasi penulisan keyword, dan lain sebagainya.
Cara Riset Keyword Dalam Membuat Konten BLog
TUJUAN RISET KEYWORD
Sebenarnya apa sih Tujuan riset keyword yang paling utama? nah disinilah perlu kita fahami bahwa riset keyword adalah untuk mengetahui topik apa saja yang dicari orang di Google (mesin pencari) yang berhubungan dengan blog atau bisnis anda.
Dengan melakukan riset, kita bisa mengetahui beberapa hal penting diantaranya sebagai berikut :
1. keyword/kata kunci apa saja yang berhubungan dengan bisnis, atau tema dari blog anda.
2. keyword yang potensial untuk mendatangkan visitor ke blog, atau calon client ke website bisnis anda.
3. mengetahui perkiraan visitor yang mencari keyword tertentu
4. melihat persaingan yang ada di mesin pencari atas keyword tertentu.
5. menyusun prioritas; keyword mana yang dijadikan keyword utama dari blog/bisnis anda.
Berikut ini kami coba tuliskan cara riset keyword selengkap mungkin. Saya coba susun dengan bahasa dan struktur yang mudah dipahami. Tentunya sesuai dengan kemampuan menulis saya aja ya.
Setelah membaca tutorial ini, harapan saya paling tidak anda menguasai cara riset kata kunci dasar, dan memanfaatkannya untuk kepentingan blog ataupun bisnis anda nantinya.
1.Menulis Apa yang Sedang Dirasakan
Kebanyakan orang menulis sesuai dengan apa yang sedang dipikirkan. Jika Anda sedang mengalami buntu pemikiran dan kehabisan ide, cobalah menulis melalui perasaan Anda. Keresahan hati sering kali lebih mudah untuk dijadikan sebagai ide menulis yang tepat lho.
Apalagi jika sedang patah hati karena ditinggal nikah mantan, Anda akan mendapatkan banyak ide di sana. misalnya saja tentang cara agar cepat move on, cara agar bisa melupakan mantan, cara agar tetap bahagia meski jomblo atau ide-ide lainnya. Sangat simpel bukan?
2.Rajin Membaca
Jika sahabat Qwords sering kehabisan ide dan merasa buntu pada saat menulis, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin atau perbanyak membaca. Membaca menjadi salah satu kunci utama ketika Anda membutuhkan referensi.
Dengan membaca, sahabat Qwords akan belajar tentang beragam jenis bentuk tulisan. Anda juga bisa memperkaya kosa kata, menambah wawasan dan tentu saja mendapatkan banyak ide baru yang lebih segar. Hal ini karena membaca dan menulis adalah satu paket yang lengkap dimana keduanya saling sambung menyambung. Dari membaca Anda juga bisa mendapatkan referensi dan menulis dengan gaya yang lebih berbeda.
3.Melatih Diri Agar Lebih Kreatif
Coba deh kembangkan kemampuan Anda agar lebih kreatif dalam menulis. Dengan hal ini, Anda bisa mendapatkan banyak ide baru. Coba buat tulisan yang Anda buat ini tidak monoton dan hanya itu-itu saja.
Mulailah dengan mencoba hal-hal baru dan menjadikannya sebagai sebuah karya tulisan. Salah satunya adalah dengan mengerjakan beragam aktivitas yang membuat kepala Anda dipenuhi dengan ide.
Sahabat Qwords juga harus membiasakan diri dalam menulis. Seseorang yang menulis setiap hari dan yang jarang menulis tentu akan berbeda, lebih banyak ide orang yang menulis setiap hari. Mengapa? Sebab orang yang sudah terbiasa maka ia akan lebih mudah dalam menyusun kata dan kalimat yang akan dituliskan. Dengan demikian Anda tidak akan pernah kehabisan ide saat menulis. 
4.Berdiskusi Dengan Orang Lain
Berdiskusi juga menjadi salah satu solusi ampuh yang bisa Anda lakukan ketika kehabisan ide saat menulis. Cobalah berdiskusi dengan orang lain tentang apa saja. Bisa tentang permasalahan yang kerap terjadi saat ini, politik, ekonomi, wabah atau hal lain yang sedang banyak dibicarakan oleh banyak orang.
Dengan berdiskusi bersama orang lain, maka Anda bisa saling bertukar pikiran. Anda akan mendapatkan ide dari informasi yang didapatkan melalui lawan diskusi. Dengan berdiskusi Anda juga akan mendapatkan banyak inspirasi, misal dari perjalanan hidup orang yang diajak untuk berdiskusi.
Berikut di bawah ini adalah cara riset keyword dengan berbagai tools kata kunci yang kami rekomendasikan:
1. Brainstrorming. Menuliskan ide keyword terlebih dulu.
2. Google Keyword Planner. Simak penjelasan videonya.
3. Ubersuggest. Tools keyword premium dari Neil Patel.
4. Answer the public. Generate keyword dari berbagai sumber.
5. Google trend. Melihat keyword yang sedang trending.
6. Ahrefs. Tools premium yang powerful untuk riset kata kunci dan backlink.
7. Keyword shitter. Riset kata kunci simpel.
8. Keyword Everywhere. Tools keyword gratis untuk melihat related search google.
9. Keyword Tool io. Bisa riset kata kunci di berbagai jenis search engine.
10. Keyword finder io. Layanan keyword gratis, ada data volume dan CPC.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *