Hikmah dari Wabah Covid-19

hikmah dari wabah covid-19



Coronavirus 2019–2020 atau dikenal sebagai COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit koronavirus 2019 (bahasa Inggriscoronavirus disease 2019, disingkat COVID-19) di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2. 
Wabah COVID-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi HubeiTiongkok pada bulan Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020. Hingga 28 Maret, lebih dari 620.000 kasus COVID-19 telah dilaporkan di lebih dari 190 negara dan teritori, mengakibatkan lebih dari 28.800 kematian dan 137.000 kesembuhan.


Wabah Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi pandemi seluruh dunia dimuka bumi, sudah semestinya menjadi hal penting untuk dipelajari dan diambil hikmahnya. Karena tidak ada ciptaan Allah SWT dimuka bumi ini tanpa maksud, tujuan, dan juga manfaatnya. 
Baiklah, dalam postingan kali ini Santrinesia.com akan mengulas beberapa hikmah dari wabah covid-19 yang patut kita jadikan pelajaran berharga.

Telah umum diketahui bahwa pola hidup yang bersih dan sehat adalah kunci kebahagian dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Dengan tubuh yang bersih dan sehat maka kehidupan di dunia akan menjadi tenang, nyaman dan bahagia. Kebahagiaan hidup sehat tak hanya sekedar didunia, melainkan juga disertai rasa nyaman dan khusuknya ibadah kita sehingga mengantarkan kita pada kebahagiaan di akhirat kelak.
Covid-19 salah satu ciptaan Allah SWT yang sangat terasa menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu berikhtiar membiasakan pola hidup bersih dan sehat. mulai dari rajin mencuci tangan sebelum dan selepas melakukan kegiatan. Sebagaimana anjuran Dinas Kesehatan akhir-akhir ino yang sangat gencar dipublikasikan media.
Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan tentunya sudah menjadi anjuran agama kita, hanya saja kita lebih sering lupa atau acuh untuk membiasakannya. Terutama dalam hal yang berhubungan dengan makanan dan apapun yang bercampur dengannya.
Dalam rangka mencegah penularan Covid-19, salah satunya adalah dengan pemakaian masker. Dengan memakai masker diharapkan dapat menghalangi virus yang mungkin dapat masuk melalui hidung atau mulut manusia.
Sebagai muslim yang taat akan syariat agama Islam, dapat mengambil hikmah dari gencarnya seruan pemakaian masker. Apa hikmah dalam hal pemakaian masker ini?. Salah satunya adalah pengingat kita, untuk menutup aurat, terkhusus bagi kaum perempuan muslimah untuk selalu memakai hijab. dalam hal ini tidak membahas tentang hukum pemakaian cadar, karena cadar termasuk kategori budaya. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *